oleh

Nelson Dikukuhkan Ayah GenRe Provinsi Gorontalo, Fory Naway Bunda GenRe Kabgor

Limboto-, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dikukuhkan sebagai ayah GenRe Provinsi Gorontalo dan Ketua Tim Penggerak PKK, Dr. Fory Naway dikukuhkan sebagai Bunda GenRe Kabupaten Gorontal, Rabu (06/01/2021).

Pengukuhan itu dilakukan langsung oleh kepala perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo Hartati Suleman pada kegiatan Temu kerja kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) PPKBD dan SUBPPKBD di hotel milana Limboto.

Kepala dinas kependudukan dan pengendalian KB Yudhi Ekuwanto menjelaskan GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan setinggi mungkin, berkarir dalam pekerjaan secara maksimal serta menikah pada saat yang tepat ( matang).

”Tujuannya program GenRe meningkatkan pemahaman, pengetahuan. Serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkekuarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang” Jelas Yudhi.

Sementara itu Nelson Pomalingo menyampaikan, apresiasi ada terima kasih atas kepercayaan dan amanah diberikan BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo kepada dirinya selaku ayah GenRe Provinsi Gorontalo.

Dirinya berharap GenRe ini menjadi model, mereka menjadi panutan anak –anak muda baik di provinsi maupun di Tingkat Kabupaten.

“Saya sudah ingatkan, kedepan Bangsa dan Negara termasuk daerah,ditangan merekalah sebagai tongkat estafet.

“Merekalah (Pemuda), sebagai pelanjut pembangunan sehingga kita jaga kependudukan. Baik kualitas masalah pendidikan, ketahanan ekonomi, nikah dini dikendalikan termasuk penyakit social anak-anak muda pun terus dikendalikan,” Harap Nelson.

Pantauan awak media, ditempat yang sama Bunda GenRe Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengukuhkan forum generasi berencana ( Genre) kabupaten Gorontalo.

Fory Naway mengatakan, program GenRe yang melekat di dinas kependudukan dan KB ini sudah dilakukan pada tahun –tahun kemarin melalui forum anak.

“Jadi, Program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak itu terkait pengendalian pernikahan dini sudah ada yang terintegrasi dan kolaborasi dan alhamndulillah centolannya ada di BKKBN,” Tutur Fory Naway, disambangi usai kegiatan itu.

Ia pun menurutkan, kedepan program –program ini akan lebih ditingkatkan. Karena itu, kata Fory dalam waktu dekat ini dirinya akan duduk bersama dengan dinas atau instansi terkait.

“Tujuannnya, rapat itu akan menyatukan visi-misi pemerintah 2021 -2026, “ Tuturnya lagi.

Fory naway mengungkapkan kedepan, akan ada program inovasi, bukan saja impelementasi dari program pencegahan namun bagaimana memberi contoh.

“Mungkin ada kampanye-kampanye bagaimana pencegahan penikahan dini seperti apa termasuk pencegahan peredaran narkoba dan penyakit social lainnya. Dan ini akan dikolabirasikan dengan program forum anak kedepan,” Tutup Fory Naway.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed