Pemkab Gorontalo Evaluasi Sejumlah Kerjasama Dengan Bank Muamalat Gorontalo

Limboto-, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan evaluasi sejumlah kerjasama yang selama ini dibangun dengan Bank Muammalat Gorontalo.

“Alhamndulillah, tadi kita mengevaluasi kerjasama dengan bank muammalat, dan selama ini sudah bagus, apalgi bank muammalat ini adalah bank Syariah yang secara nasional kita ingin menjadi Negara ekonomi syariah sehingga kita juga berharap di Gorontalo demikian,” Kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, ditemui usai menerima silaturahim jajaran bank syariah Gorontalo, Selasa (12/01/2021).

Pertemuan di ruang kerja Bupati lantai dua Kantor Bupati Gorontalo itu, Bupati Nelson turut didampingi Kepala badan keuangan, Kepala bagian kersama Global dan kepala bagian kesra setda Kabupaten Gorontalo.

Nelson menyebutkan, kedepan ada sejumlah kerjasama dilakukan. Pertama, Baznas dan semua akan dimasukan disana. kedua, untuk zakat mal maupun, zakat fitrah, sedekah juga akan dimasukan melalui baznas.

Selanjutnya, kata Nelson kedepan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong kerjasama soal BMT terutama kaitannya dengan masjid. Agar supaya, pola pengelolaan dana masjid itu terkelola dengan benar, harus didampingi.

“masjid ini banyak,kurang lebih di Kabupaten Gorontalo hampir seribu dan itu basis umat kita maka sistem pengelolaan keuangan harus diperbaiki,” Kata Nelson lagi.

Bahkan, ujar Nelson dirinya juga mendorong koperasi syariah karena sekarang ini banyak pencekik dan itu yang kita lakukan. “ Intinya untuk membantu umat,” Ujar Nelson.

Sementara itu, Akbar Sulaiman Rets Manager Bank Muamalat Gorontalo, menyampaikan, pertemuan itu membahas sejumlah program tahun lalu yakni pembagian CSR. Peyaluran CSR ini berbasis masjid yakni pembagian sembako disetiap masjid dan itu sudah rutin tahun ke tahun dilakukan.

“ Bahkan terkahir, kita menyalurkan hewan Kurban juga, nah, dengan kerjasama ini kita mengevaluasi lagi dan memohon kerjasama tahun ini untuk menyalurkan program –program tersebut,” Jelasnya.

Kami juga, akan menginisiasi adanya pembangunan berdirinya BMT di Gorontalo dalam rangka mengantisifasi maraknya rentenir-rentenir yang mencekik. Nantinya, dengan adanya BMT dibawah koordinasi kerjasama dengan BUMD dengan bank muamalat dan pemerintah daerah menjadi pembinanya.

“ Diharapkan dengan BMT ini pak Bupati memberikan pengarahan lebih diarahkan kepada berbasis masjid. Kita punya program namanya usaha berbasis masjid. Jadi, jamaah-jamaah masjid yang punya usaha itu akan di prioritaskan diberikan bantuan usaha,” tandasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *