Wabup Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Puskes Tibawa, Puskes Limboto Barat dan KKP Kelas III Wilayah Provinsi

Sharenews.Id LIMBOTO,- Guna memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan lancar tanpa kendala. Senin (18/1/2021) .

Wakil Bupati Gorontalo Herman Walangadi turun mengecek persiapan vaksinasi di Puskesmas Tibawa, limboto barat dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III perwakilan Gorontalo.

Ditemui usai monitoring, Wabup Herman mengungkapkan dari dua tempat yang didatangi semua sudah siap. Dari mulai proses pendaftaran, jadwal, hingga vaksin telah aman. Hanya saja yang jadi kendala ada target vaksinasi yang hingga saat ini belum semua mendaftar.

“Tadi saya cek baru 1 orang yang mendaftar (di Puskesmas Tibawa) itu pun jadwal Vaksinnya untuk hari rabu,” ungkap Herman.
Kurang antusiasnya masyarakat ini menurut Herman perlu didalami lebih lagi.

“Ini yang harus kita klarifikasi, kita cari tahu. Kendalanya kita akan cari tahu. Karena itu juga terjadi di KKKP dari 64 orang target vaksinasi baru 1 yang mendaftar,” lanjut Herman.

Untuk itu lanjut Wabup pihaknya akan berkoordinaai dengan Dinas Kesehatan dan BPJS.

“Kita akan evaluasi bersama dengan BPJS. Kita evaluasi lagi kendalanya di mana. Karena untuk saat ini yang diutamakan sekarang adalah tenaga kesehatan, pelayan publik dan pejabat publik. Jadi kita akan cek lagi kendalanya ada di mana,” lanjut Herman.

Kepala puskesmas Limboto Barat Fatmawati Palilati menyampaikan, Vaksin tiba hari sabtu sore sehingga senin pagi kami sudah melakukan persiapan.

“Alhamndulillah,tahapan persiapan selesai dan saya pun sudah menggunakan Link untuk pendaftaran, kapasitas sebagai kepala puskesmas yang pertama bakal divaksin ditempat ini,” Ucapnya

Dia menuturkan, yang bakal divaksin pada hari rabu itu ada 3 orang yang lain sudah coba mendaftar tapi linknya belum bisa. “Jumlah kami di puskesmas Limboto barat 82 orang dikalikan dua karena penyuntikan vaksin dilakukan dua kali, seperti itu jadi 164, Penyuntikan dua kali tahap, Tahap pertama, hari rabu kemudian 14 hari kedepan tahap kedua yang diawali tenaga kesehatan,” Ungkap Kapus Fatmawati.

Sementara itu kepala kantor KKP Kelas III perwakilan Gorontalo, Dr. Nurhayati Lahay mengatakan, untuk Kantor KKP sudah menerima 92 vaksin untuk 46 orang pegawai dan sudah disimpan dengan baik.
“Kemudian nanti kami lanjutkan dengan pendaftaran guna pelaksanaan vaksinasi,yang didistribusikan oleh dinas kesehatan sesuai jumlah yang didaftarkan yakni jumlah pegawai yang memang bisa disuntik,” Tukas dia

Akhir wawancara, Nurhayati lahay mengatakan, ada sejumlah pegawai KKP yang tidak bisa disntik. Mereka itu sudah pernah terkomfirmasi dan lainnya. “ Insya Allha,karena kami terjadwal senin dan vaksinnya baru diterima maka akan dijadwalkan kembali hari jumat pecan ini,” Tutupnya. (ADV- SN-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *