oleh

Ayo, Cermati Trik Menghemat Pemakaian Air PDAM

Sumber Foto: Google Suara Surabaya

Boalemo – Air merupakan sumber bagi kehidupan yang sangat diperlukan dalam sehari-hari. Mulai dari mencuci, memasak, mandi hingga minum. Meskipun air salah satu sumber alam yang melimpah ruah, ternyata air juga tergantung pada dari factor alam.

Maka, tak heran jika musim kemarau, intensitas air pun menurun. Sehingga Pemerintah maupun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terus mensosialisasikan cara menghemat pemakaian air.

Olehnya, apabila menggunakan air tak teratur dapat menggangu keseimbangan alam, hingga pada pembengkakan pembayaran tagihan setiap bulan.

Untuk itu, Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Boalemo memberi trik cara Menghemat Pemakaian Air

1. Perhatikan angka-angka yang ada di meter air

Setiap kali duduk-duduk atau bersih-bersih halaman rumah, sempatkan waktu untuk melihat angka-angka yang ada di meteran air agar bisa dikontrol sendiri pemakaian air setiap hari.

2.Jangan Lupa Mengunci stop Keran yang ada di meteran Air.

Setiap keluar rumah mohon mengunci setop kran yang ada di meteran air, jika perlu dicabut gagangnya untuk menghindari terjadinya pemakaian oleh pihak lain, terutama anak-anak yang ad ada rumah.

3. Hindari Penggunaan Selang.

Jika hendak mengalirkan air sampai didalam rumah hindari menggunakan selang air, hal ini untuk menghindari terjadinya kebocoran yang tidak terkontrol sebab kebocoran melalui selang itu tidak terdengar, dan alangkah baiknya menggunakan pipa di setiap jaringan yang ada didalam rumah agar setiao terjadi kebocoran dapat terkontrol. 

4. Terus Mengecek Baling-Baling Yang Berada di Meteran.

Terus mendeteksi kebocoran yang sulit dikontrol, perhatikan baling-baling yang ada di meteran, tutup semua yang ada di kran-kran air yang ada di depan rumah maupun yang ada di dalam rumah, jika baling-balingnya masih berputar berarti ada kebocoran dan segera melapor ke petugas PDAM.

5. Gunakan Air se Hemat-Hematnya.

Salah satu cara agar pemakaian hemat dan teratur, gunakan profil tank untuk menampung untuk menampung air langsung dari meteran air PDAM, dan pendistribusian pemakaian menggunakan profil tersebut, sebab harga air PDAM 1 profil tank isi 600 liter sangat murah. Yakni Rp.2.130.

Itulah Lima tips dalam menghemat pemakaian air bersih PDAM sekaligus mengurangi pembayaran tagihan setiap bulannya. Apalagi pada tanggal 1 Februari pemberlakuan tarif baru mulai diterapkan. Jangan lupa selalu bayar tagihan pemakaian tepat waktu, supaya tidak dikenakan denda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed