oleh

Buka Rakor Pengembangan Padi Ladang Ponelo, Wabup Thariq Sampaikan Hal ini

Sharenews.Id Gorut,- Sebagai Daerah yang mempunyai banyak produk unggulan daerah untuk dipasarkan , Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Mendorong agar program unggulan gorut yang mempunyai banyak keberagaman dan kandungan yang cukup kaya nutrisi ini untuk bisa mempertahankan Kwalitas Mutu Produk , Menjaga Kapasitas Produksi , dan Kontinuitas produk pangan itu sendiri.

Hal ini sebagaimana dikatakan , Wabup Thariq Modanggu Saat Membuka Rapat Koordinasi Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Untuk Pengembangan Padi Ladang Ponelo yang digelar di Ruang Rapat Dinas Pemdesa Kabupaten Gorut, Selasa (26/1/2021).

Dalam Sambutannya , Thariq Modanggu mengatakan, Sebagai salah satu program unggulan di gorut, Produk Padi Ladang Varietas Padi Ponelo yang saat ini tengah dikelola Bumdes Mandiri Desa Otiola, Kecamatan Ponelo Kepulauan, merupakan produk asli daerah yang dinilai mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup kaya, guna tetap menjaga keberlangsungan pengelolaan varietas padi ladang ini, dirinya meminta kepada seluruh unsur terkait untuk bisa mempertahankan 3 aspek penting demi keberlangsungan produk unggulan yang ada.

” Tadi dalam sambutan saya tegaskan, yang pertama, bagaimana kita tetap bisa menjaga mutu dari pada beras padi ladang ponelo ini, beras ini kwalitasnya sudah di akui oleh pihak kementrian pertanian, untuk tetap menjaga kepercayaan dari kementrian sendiri, saya sudah minta, untuk proses pembibitan , pemupukan dengan menggunkan pupuk non pestisida , hingga pemanenan untuk dapat diproses secara higienis demi menjaga kwalitas beras hasil produksi dari beras ponelo itu sendiri,” Kata Wabup Thariq Modanggu.

 

Wabup Juga menambahkan, untuk tetap menjadikan beras ponelo ini sebagai produk unggulan daerah, menjaga kapasitas produksi juga penting untuk dilakukan oleh pihak bumdes mandiri otiola, agar ketika pihak bumdes menerima banyak orderan, hasil produksi yang disimpan bisa di distribusikan kembali kepada para konsumen.

” Yang kedua saya minta kepada mereka, untuk bisa Menjaga kapasitas produksi, ini penting. karena ketika orang butuh, kita ada stok melimpah,” Terang Wabup.

Kwalitas sumber daya manusia dan pengetahuan dari para petani dalam pengelolaan kata thariq penting untuk dilakukan secara bersama-sama , arahan dari pihak dinas pertanian , peran penyuluh dan para ahli, serta keikutsertaan pihak dinas koperindag gorut dalam memasarkan produk ini harus bisa dimaksimalkan , agar aspek kontiunitas produktifitas produk unggulan ini bisa berjalan dan berkembang secara bertahap.

” Semua unsur terkait tadi harus bisa bersinergi mensukseskan program ini, sehingganya, Mutu produk unggulan, ketersediaan stok bahan , dan produksi yang terjadi secara kontinuitas bisa terus berlangsung dan membawa dampak positif bagi kemajuan perekonomian warga masyarakat gorontalo utara,” Pungkas Thariq Modanggu. (ADV SN07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed