oleh

Kelola Sampah Dengan Sistem Sanitary Landfill Pada TPA, Lebih Efektif dan Efisien

SHARENEWS.ID Gorut,- Dalam Rangka meminimalisir Penumpukkan Sampah di Lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Di Desa Molantadu, Kecamatan Tomilito. Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) , Thariq Modanggu meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) untuk bisa melakukan Pembangunan area penimbunan sampah atau blok landfill yang merupakan bagian dari sistem sanitasi perkotaan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat. Saat meninjau Lokasi TPA Wabup Thariq Mengatakan, Dengan metode sanitary landfill, sampah dibuang dan ditumpuk di lokasi cekung dan dipadatkan. Kemudian ditimbun dengan tanah, sehingga tidak menimbulkan bau busuk dan dapat mencegah berkembangnya bibit penyakit.

” Untuk meminimalisir penumpukkan sampah dan juga mengurangi bau tidak sedap di Lokasi TPA, saya minta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk bisa menerapkan sistem sanitary Landfill, dengan cara itu saya rasa, kita bisa menekan bau busuk di lokasi TPA dan bisa mencegah berkembangnya bibit penyakit,” Kata Wabup Thariq Modanggu, Selasa (23/2/2021).

Wabup juga menambahkan , sistem atau metode Sanitary Landfill merupakan sistem pengelolaan atau pemusnahan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

“ Dengan begitu pada TPA nantinya tidak lagi menggunakan sistem oversampling tapi sanitary landfill,” sebut Thariq.

Thariq juga menjelaskan , dalam menerapkan metode sanitary landfill dilokasi TPA , seluruh element diharapkan dapat mendukung penggunaan system landfill dalam meminimalisir jumlah sampah yang ada di Daerah ini.

” Kalau ini diterapkan , Bagi saya metode ini bisa lebih efisien serta ramah lingkungan,” Pungkasnya.(Adv/Sn07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed