Anas Minta Kades Manfaatkan Bumdes untuk Pertumbuhan Ekonomi

Boalemo, Eksekutif137 Dilihat

Sumber: Humas Boalemo

Boalemo – Setelah Kecamatan Botumoito, kini gilirin Tilamuta yang melaksanakan kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) Tahun 2022.

Kegiatan itu di buka langsung oleh Plt. Bupati Boalemo yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Lahmudin Hambali, Sekretaris Daerah Sherman Moridu, Asisten II Mondroe Mopangga, Kadis Capil Teguh Jatmika, Camat Tilamuta Mizan Uwade, unsur muspika, perwakilan OPD dan kepala desa serta BPD se Kecamatan Tilamuta.

Plt. Bupati menyampaikan dalam sambutannya, musrembang RKPDA Ini diharapkan menuai hasil rumusan yang komprehensif dan terukur.

“Musrembang RKPD ini merupakan musrenbang terakhir bagi Pemerintahan Damai. Semoga dengan pelaksanaan musrenbang RKPD ini dapat menghasilkan rumusan yang komprehensif dan terukur, sehingga musrenbang ini, betul-betul mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan desa” Harap Anas.

Selanjutnya, Anas menginginkan jika sistem penganggaran ke depan  harus berkaitan dengan pengembangan ekonomi secara menyeluruh.

“Setiap tahun kebutuhan anggaran Daerah, Kecamatan dan Desa semakin meningkat, disisi lain kita hanya bergantung ke pusat melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Tahun ini anggaran Pemerintah Kabupaten Boalemo kena refocusing sejumlah 33 miliar ditarik ke pusat. Artinya anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat, secara logika kebutuhan kita, semakin meningkat, sehingga itu kita jangan berharap anggaran  pusat itu semakin naik” Ujarnya.

Olehnya, untuk selanjutnya program Pemerintah Daerah harus meningkatkan pusat – pusat ekonomi kerakyatan yang bisa dikembangkan.

“Bagaimana pusat-pusat ekonomi kerakyatan ini di kembangkan bersama-sama. di wilayah  Kabupaten Boalemo yang bisa menggerakan ekonomi secara menyeluruh dan meningkat secara signifikan yaitu dari pelabuhan. Bahkan pelabuhan ini, kami usulkan kepada Bapak Rachmat Gobel selaku Wakil Ketua DPR-RI sebagai pelabuhan program strategis Nasional, maka setiap Tahun bukan  DAU yang akan meningkat, tetapi DAK juga yang akan meningkat”. 

“Kalau pelabuhan ini akan berkembang,tentu pergerakan ekonomi semakin tinggi, potensi yang ada sekarang  menjadi pelabuhan penumpang, ada tol laut yang melayani beberapa kota yang ada di sulawesi, ada kapal-kapal barang yang masuk, maka potensi ini yang kita manfaatkan” Tambahnya.

Begitupun dengan Kepala-Kepala Desa, Plt. Bupati Anas meminta untuk betul-betul memanfaatkan dan mengawasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

 “Jangan Bumdes itu hanya menjadi sumber pertentangan di desa. Ada beberapa desa yang ekonominya sudah mulai meningkat. Sehingga itu melalui musrenbang RKPD ini, mari kita usulkan program yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat, karena musrenbang ini terakhir untuk pemerintahan Damai” Tutup Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *