oleh

Buka Sosialisasi dan Pencanangan Kusta, ini Harapan Bupati Indra

Gorut – Bupati Gorontalo Utara kembali membuka kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Kemoprofilaksis Kusta, yang berlangsung Aula Graha Abril, Desa Moluo, Kecamatan Kwandang, Senin (01/03/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Indra mengatakan, sosialisasi ini merupakan hal penting dalam menekan angka penyakit kusta, khususnya di tengah – tengah masyarakat.

“Ini salah satu upaya kita pemerintah daerah, untuk bagaimana dalam melakukan pencegahan, sehingga dapat mengeleminasi penyakit kusta, khususnya di Kabupaten Gorut,” ungkapnya.

Disebutkan, bahwa penyakit kusta merupakan penyakit menular yang menimbulkan masalah kompleks. Tidak hanya dari segi medis, tetapi juga masalah sosial dan ekonomi yang terjadi akibat stigma, terhadap kecacatan penderita kusta.

“Nah, sehingga bagaimana menjaga kesinambungan pelayanan kusta yang berkualitas oleh petugas kesehatan yang kompeten termasuk sistem rujukan yang efektif, sehingga penyakit kusta di Gorut dapat tereleminasi,” terangnya.

Dijelaskan, Kegiatan sosialisasi ini, merupakan sebuah komitmen Pemda. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Indra mengajak, masyarakat agar melakukan aksi atau tindakan yang konkrit dalam pengendalian kusta di daerah.

“Jadi ini menggambarkan bahwa masih ada kasus kusta di Gorut. Dan kedepan ini bukan saja menjadi tanggung jawab Dikes, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua dengan melibatkan lintas sektor. Maka dari itu, diperlukan upaya yang lebih kuat dalam pelaksanaan program menuju eliminasi kusta kedepan,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed