oleh

Desa Buladu Dan Kota Jin Masuk Nominasi ADWI 2021

 

SHARENEWS.ID,Gorut- Dari 15 desa di Provinsi Gorontalo yang masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021, ada 2 diantaranya berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Yakni, Desa Kotajin Utara, Kecamatan Atinggola dan Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur.

Memang hanya dua desa tersebut yang berhasil masuk dalam ADWI 2021. Namun kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Dis parbud) Gorut, Badar Pakaya, pihaknya sebelumnya telah mengusulkan 25 desa. Artinya, begitu banyak potensi desa wisata di daerah itu yang patut diperhitungkan ke depan. Terlebih, dalam peningkatan perekonomian daerah, khususnya masyarakat lokal.

Meski begitu, Badar mengaku optimis kedua desa mampu menjadi yang terbaik. Sebab, keduanya memiliki keung gulan masing-masing yang bisa diandalkan. Badar pun menggam barkan mengenai potensi dari ke dua desa tersebut. Dijelaskannya, di Desa Kotajin Utara, memiliki tempat yang bernuansa mistik dan menyimpan sejarah.

“Biasanya warga setempat menyebutnya Otanojin atau Gua Jin. Kemudian pantai indah di desa ini yang sudah tak asing lagi, yaitu Pantai Mi nanga,” ungkap Badar,Senin (26/7/2021).

Sementara Desa Buladu sendiri lanjutnya, banyak peninggalan zaman kolo nial Belanda dan ada beberapa tempat yang membanggakan dari sisi budaya.

“Di sana terdapat kuburan dari orang Belanda di masa itu, Mr. Herman Cristiant Knappert. Dan ada juga tempat yang biasa disebut warga sekitar Belanga Be sar,” terangnya. Pada dasarnya, kedua desa itu kata Badar memiliki komitmen memajukan potensi wisata dan keunggulannya mas ing-masing.

“Mereka pun tak tanggung-tang gung menganggarkan program un tuk pemberdayaan masyarakat dan itu berangkat dari potensi yang dimiliki desa,” kata Badar.

Lebih dari itu, Badar mengajak semua pihak mendukung kedua desa tersebut meraih yang terbaik pada ADWI 2021 ini. Sebab, ke berhasilan kedua desa itu akan mengangkat citra desa dan tentunya daerah.(Adv/SN07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed