Wabup Gorut Nilai Investasi Kenaf Untungkan Daerah

SHARENEWS.ID,Gorut – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu, menilai rencana perusahaan pertanian malaysia akan membuka investasi Kenaf di Gorut merupakan hal yang bisa menguntungkan daerah, selain akan berinvestasi di Bumi Gerbang Emas Gorut, perushaan itu juga nantinya akan mendirikan perusahaan dan akan menjadikan industri pengolahan tanaman kenaf di Indonesia khususnya di Gorontalo Utara (Gorut).

Thariq saat diwawancarai mengatakan, tanaman kenaf merupakan komoditas unggulan di Negara Malaysia, tanaman tersebut lanjut Wabup memiliki banyak keunggulan.

“Tanaman kenaf itu bisa di buat menjadi karung, pakaian, dan kosmetik,” kata Wabup, Kamis (13/1/2022).

Dalam vidcon tersebu kata Wabup, pihaknya juga telah membahas rencana kerja sama, dan untuk selanjutnya hal itu akan diteruskan pada penandatanganan kerja sama dengan pihak perusahaan.

“Dalam rapat tadi, kita sudah sepakat, untuk menyediakan lahan,” terang Wabup.

Untuk lokasi lahan nanti, Kecamatan Anggrek merupakan salah satu lokasi calon lahan yang akan di gunakan, untuk pengembangan tanaman kenaf di Gorut.

“Renacanannya kita akan kasih lahan di Anggrek, karena di sana itu sesuai dengan RTRW adalah kawasan indsutri, untuk lokasi tanamannya rencana akan kita kasih lahan di Kecamatan Monano,” imbuhnya.

Thariq juga berharap, dengan adanya rencana kerja sama ini, OPD terkait diminta untuk dapat melakukan kajian, sesuai dengan Pemendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang kerjasama denga pihak ketiga.

“Saya minta gunakan Permendagri Nomor 22 tahun 2020 untuk kerjasama, karena itu perintah Undang-undang,” tandasnya.(Adv/SN07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *