Puskesmas Pangi Pantau Tumbuh Kembang Anak Penderita Stunting

Boalemo, Eksekutif543 Dilihat

Boalemo – Puskesmas Pangi, Kecamatan Dulupi terus melakukan pemantauan terhadap balita pendek (stunting). Hal itu dilakukan untuk memastikan perkembangan tumbuh kembang anak.

Kepala Puskesmas Pangi, Zurriyah Musa menyebutkan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh yang terjadi pada balita, karena disebabkan kurang gizi kronis, terutama 1.000 hari pertama kehidupan.

“Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan otak dan fisik terhambat, sehingga anak lebih pendek dari anak yang seusianya” Sebut Zurriyah Musa S.Kep.

Adapun dampak dari stunting kata Zurriyah, cenderung kurang cerdas dibanding anak normal, sehingga mengalami kesulitan belajar dan kurang tanggap.

Bahkan, Zurriyah menuturkan penyakit stunting tidak hanya dialami oleh kelurga yang kurnag mampu. Namun, bisa juga terjadi pada keluaraga yabg berkecukupan.

“Sehingga hari ini, selain kami memantau perkembangan anak yang terdampak stunting, kami juga mensosialisasikan penerapan hiduo sehat, baik,kepada ornag tua maupun kepada ibu-ibu hamil. utamakan makanan tinggi protein hewani, makan yang seimbang, mengandung karbohidrat, protein nabati, vitamin dan mineral” Tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *