Dokter Spesialis Paru RSTN Boalemo Gelar Penyuluhan Kesehatan

Boalemo, Eksekutif100 Dilihat

Boalemo – dokter Basri Handoko spesialis paru menggelar penyuluhan kesehatan yang berlangsung di ruang Poli Klinik Tumah Sakit Umum Daerah Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo. Rabu, (14/8/2024).

Penyuluhan dengan tema “ASMA BRONKIAL” tersebut diikuti oleh puluhan pasien Poli Klinik sekaligus tenaga kesehatan.

Dalam penyuluhan tersebut, dokter Basri Handoko menyampaikan, bawah asma bronkial adalah radang kronis saluran pernafasan yang menyebabkan penyempitan dan hiperaktif.

“Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan agar gejala tidak muncul dna dapat hidup normal. Salah satunya jauhi rokok, vapor, serta rajin berolahraga” ucap dr. Basri Handoko Sp.P.

Dirinya mengatakan, bahwa tanda seseorang terkena asma brokial diantaranya sulit bernafas, batuk, nafas pendek, serta nama berbunyi seperti siulan.

“Bisa muncul tiap hari, dan bisa kambuh tiap pada waktu tertentu. Misal, saat penderita dalam kecapean, atau sedang ful/pilek” ujarnya.

dr. Basri pula memaparkan penyebab asma brokial. Misal, karena polusi udara, perubahan cuaca, paparan zat atau partikel asing, stres dan kecemasan, asap rokok, parfum, refluks asam lambung, bahan kimia yang berada pada makanan atau minuman, serta obat-obat an seperti aspirin dan ibuprofen.

“Tapi ada obatnya dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga pasien bisa bertahan hidup dan bisa menjalani kehidupan seperti biasa” tutupnya.