Hidupkan Kembali Program “Sapi untuk Semua”: Jejak Ismet Mile Masih Mengakar di Bone Bolango

Politik149 Dilihat

Politik – Program inovatif “Sapi untuk Semua” yang dirintis oleh Ismet Mile saat menjabat sebagai Bupati Bone Bolango periode 2005-2010, telah meninggalkan jejak mendalam di hati masyarakat.

Program ini tidak hanya menjadi kenangan, tetapi juga telah memberikan manfaat nyata yang dirasakan oleh warga hingga kini.

Banyak warga Bone Bolango yang mengaku telah menikmati manfaat dari program “Sapi untuk Semua”.

Salah satu contohnya adalah Oskar Lamusu, seorang warga Desa Bintalahe, Kecamatan Kabila Bone, yang menjadi saksi hidup kesuksesan program ini.

Menurut Oskar, program sapi yang digagas oleh Ismet Mile benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Saya punya saudara sekarang sudah memiliki 30-an ekor sapi, semua berkat bantuan Pak Ismet Mile,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Oskar bahkan menyatakan dukungannya terhadap Ismet Mile yang berencana mencalonkan diri kembali sebagai bupati. “Masyarakat sudah rindu dengan program-program beliau. Jika beliau maju, saya akan berada di garis terdepan,” tegasnya.

Tidak hanya Oskar, Jerry Djafar, warga Kabila Bone lainnya, juga merasakan dampak signifikan dari program ini.

Berkat program sapi Ismet Mile, ekonomi keluarganya mengalami peningkatan yang luar biasa.

“Sekarang sudah punya 30-an ekor sapi, semua berkat program ini. Dan bukan hanya saya, ada banyak warga yang sukses karena program ini,” ujar Jerry dengan bangga.

Dukungan terhadap program ini juga datang dari Anggota DPRD Partai Demokrat, Kennedy Maele.

“Program sapi Ismet Mile sangat kami apresiasi. Pada saat itu, 5500 ekor sapi saya adakan secara langsung dari Makassar,” jelasnya. Kennedy menambahkan bahwa program “Sapi untuk Semua” yang pernah diwujudkan, bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan kembali jika Ismet Mile dipercayakan memimpin Bone Bolango lagi.

Saat ini, Ismet Mile bersama pasangannya Risman Tolingguhu kembali menyatakan maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Bone Bolango.

Diwawancarai di kediamannya, Ismet Mile mengaku akan meningkatkan program “Sapi untuk Semua” jika diberi amanah untuk menjadi bupati lagi.

“Jika semasa saya menjabat, program ini dibuat secara bergilir, kali ini saya optimis mewujudkan program sapi 2 ekor setiap kepala keluarga,” janjinya dengan penuh keyakinan.

“Program ini pastinya bukan janji politik semata. Dengan kekuatan APBD Bone Bolango saat ini, program itu sangat rasional bisa diwujudkan,” pungkasnya.

Harapan masyarakat Bone Bolango kini tertuju pada Ismet Mile, sosok yang telah terbukti membawa perubahan dan kemajuan melalui program-program inovatifnya. ***