Mahasiswa KKN MBKM Gelar Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pemanfaatan Hasil Laut

Boalemo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata MBKM menggelar kegiatan penyuluhan, yang berlangsung di Kantor Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta. Minggu, (30/10/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema tentang “Pemanfaatan Hasil Laut Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif Lokal” turut dihadiri oleh Pj.Kepala Desa Tenilo, penyuluh dari Dinas Kumperindag dan Dinas Kelautan, serta masyarakat yang menjadi peserta penyuluhan.

Koordinator Desa Muh. Rifai Silama menyampaikan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk implementasi satu dari tiga program Mahasiswa KKN MBKM UNG di Desa Tenilo.

“Goals yang kami tuju pada kegiatan ini adalah, agar bagaimana kemudian masyarakat mendapat pengetahuan baru tentang manfaat dari pengembangan hasil laut itu sendiri. Karena, kita ketahui bersama bahwa luas Negara Indonesia hampir 70% luasnya adalah wilayah maritim. Sehingganya, perlu untuk edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya pengembangan hasil laut melalui pemberdayaan ekonomi kreatif lokal yang ada di Desa Tenilo” Tuturnya.

Lebih lanjut, Muh. Rifai Silama mengatakan bahwa, pasca pandemi covid_19, ekonomi kreatif lah menjadi solusi. Olehnya masyarakat dituntut untuk berinovasi secara kreatif.

“Pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat juga merupakan salah satu pilar dalam penguatan otonomi daerah secara spesifik, dan hal itu haruslah dimulai dari lingkungan terkecil dari komunitas masyarakat yaitu, Desa. Wabilkhusus Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo” Terangnya.

Terakhir, Mih. Rifai Silama juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan sehingga terselenggara dengan sukses.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Prof. Arifin Tahir, M.Si untuk terus membimbing kami sampai dengan terlaksananya kegiatan sore ini. Tak lupa saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Ayahanda Tenilo. Terakhir, dengan penuh takzim, saya sangat bersyukur juga atas kehadiran PEMDA Boalemo, dalam hal ini Dari Dinas Kelautan dan Perikan dan Dinas KUMPERINDAG” Ucapnya.

Prof Arifin Tahir M.Si

Diwaktu yang sama, Prof. Arifin Tahir selaku pembimbing lapangan mengapresiasi mahasiswa KKN MBKM Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo yang telah mensukseskan program awal dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi dan budaya masyarakat.

“Sebagai dosen pembimbing lapangan saya memberi apresiasi terhadap mahasiswa KKN desa Tenilo Kabupaten Boalemo sebagai program awal KKN-MBKM di desa tersebut. Tema inti dari program ini adalah pemberdayaan ekonomi dan budaya masyarakat melalui Pengelolaan Produk Berbasis Perikanan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang terbaik melalui penyuluhan yang diberikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas KUMPERINDAG Kabupaten Boalemo” Tutur Prof Arifin Tahir yang juga merupakan guru besar di UNG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *