Pastikan Pilkada Berjalan Aman dan Lancar, Komisi I Deprov Gorontalo Kunker Ke PPK Telaga

Deprov – Komsi I DPRD Provinsi Gorontalo kembali melakukan kunjungan kerja dalam rangka memonitoring persiapan Paniti Pemngutan Kecamatan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 yang berlansdung di Kecamatan Telaga. Selasa, (6/8/2024).

Ketua Komisi I AW Thalib kepada media mengatakan, bahwa monitoring ini guna untuk memastikan bahwa setiap tahapan Pemilu Kepala Daerah berjalan baik dan lancar.

“Di Kecamatan Telaga ini kita mendapati bahwa mereka baru saja melakukan pemutakhiran data Pemilu dan sudah selesai” ucap AW Thalib.

Lebih lanjut WA Thalib menyampaikan, dirinya memprediksi bahwa tiap pesta demokrasi, partisipasi masyarakat Kecamatan Telaga hingga 90 persen untuk memberikan hak suara.

Namun, AW Thalib mengungkapkan kendala yang dihadapi PPK Telaga, seperti peristiwa kependudukan kematian yang tidak dilakukan oleh masyarakat yang ketika keluarga mereka mengalami musibah kematian.

“Mungkin masyarakat mengira tidak perlu dilakukan kepengurusan, karena menurut mereka tidak ada kepentingan lagi ketika sudah meninggal. Tapi di saat-saat begini ini dibutuhkan dalam pendataan data pemilih. Sehingga menurut saya harusnya Pemerintah yang proaktif untuk mengurus ini” tegasnya.

Selain itu, AW Thalib menjelaskan, bahwa ada penguruangan jumlah TPS seperti yang terjadi dibeberapa wilayah. Kecamatan Telaga sendiri dari 70 TPS pada Pileg kemarin tinggal berjumlah 30 TPS.

“Ada juga jarak yang terjauh dari rumah penduduk ke TPS itu sekitar 2 KM yang berada di Dulamayo, dikhawatirkan partisipasi masyarakat di Dulamayo ini berkurang. Sehingga ini perlua adanya pengawalan” tutur AW Thalib.