Resmi Dibuka, Melalui Open Tournament Pencak Silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup Diharapkan Lahirkan Atlet-atlet Muda

Kabag Ops Kompol Suharjo, SE., saat memberikan sambutan pada pembukaan open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup, di GOR Nani Wartabone, Sabtu 29 Juni 2024. (Foto: Himpun.id/Usman Anapia)

 

Gorontalo – Open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup resmi dibuka, di GOR Nani Wartabone, Sabtu 29 Juni 2024.

Kapolresta Gorontalo Kota Kombespol Dr. Ade Permana, S.I.K.,MH., melalui Kabag Ops Kompol Suharjo, SE., berharap open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup, lahirkan atlet-atlet muda, khususnya di Kota Gorontalo.

“Kegiatan pencak silat ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke 78. Kami mohon kepada penyelenggara, harapannya menjadi salah satu wadah atau salah satu pemicu yang nanti bisa memunculkan atlet muda di Kota Gorontalo,” ungkap Suharjo saat memberikan sambutan.

Selain itu, kata Suharjo, open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup, diharapkan sebagai wadah, sarana, mempererat persatuan.

“Sebagai sarana meningkatkan rasa kesatuan dan kecintaan Indonesia,” harapnya.

Pesan Kepada Perguruan

Suharjo berpesan, jangan ada gesekan antara perguruan.

“Ini seni bela diri untuk menjaga diri, bukan untuk ‘sosoan’ paling hebat. Ini sarana mencapai prestasi masing-masing,” papar Suharjo.

Imbuh Suharjo, meski yang bertanding berbeda aliran, tujuannya satu.

“Ini ada beberapa tim yang akan bertanding, tentunya berbeda-beda aliran, berbeda-beda karakter dan jenis, baik jurusnya maupun seni bela dirinya. Namun apapun itu, tujuannya satu, di sini sebagai wadah mempererat persatuan,” terang Suharjo.

Diungkapkan Suharjo, ada pepatah ‘mancari musuh itu muda, tapi mempererat dan mencari persahabatan itu terkadang sulit’.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan sebagaimana di cengkraman kaki burung Garuda ada tulisan ‘Bhineka Tunggal Ika’, artinya melalui kegiatan ini, walau berbeda-beda tetapi kita satu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IPSI Kota Gorontalo, Husin Ali, menuturkan, open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup diselenggarakan, untuk menjawab beberapa mimpi atlet.

“Sebab, telah beberapa tahun tidak melaksanakan kegiatan seperti ini di Kota Gorontalo,” buka Husin memberikan sambutan.

Atas terselenggaranya kegiatan, Husin mengucapkan terima kasih kepada pihak Polresta Gorontalo Kota.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Polresta Gorontalo Kota yang telah berkenan untuk tampil sebagai orang tua kami dalam menjalankan open tournament,” ucap Husin.

Dikatakan Husin, open tournament pencak silat Kapolresta Gorontalo Kota Cup diikuti 306 pesilat yang telah mendaftar.

“Baik dari Kota Gorontalo, dari luar Kota Gorontalo, dan yang istimewah kita kedatangan dari luar Provinsi Gorontalo,” ungkap Husin.

Husin mengatakan, jumlah tim yang hadir mengikuti open tournament, sebanyak 35 tim.

“Terdiri dari utusan perguruan sebanyak 21 perguruan. Dan utusan sekolah sebanyak 14 tim,” jelas Husin.

Terakhir, Husin mengucapkan, selamat ulang tahun kepada Bhayangkara yang ke 78 tahun.

“Semoga kegiatan ini akan mampu melahirkan generasi-generasi terbaru, para Atlet-atlet pesilat yang mampu hadir sebagai generasi muda yang cinta tanah air,” tutup Husin.