Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Pangi Launching Integrasi Layanan Primer di Tangga Jaya

Boalemo, Eksekutif98 Dilihat

Boalemo – Selasa, (13/8/2024) Puskesmas Pangi melakukan launching integrasi layanan primer Pustu dan Posyandu Desa Tangga Jaya.

Tampak kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua TP.PKK Kabupaten Boalemo, Kepala Dinas Kesehatan, serta Pemeritnah Kecamatan Dulupi.

Kepala Puskesmas Pangi, Zurriyah Musa mengatakan, bahwa launching integrasi layanan primer ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan terjangkauan layanan kesehatan primer di Desa Tangga Jata.

“Salah satunya mewujudkan pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai” ucapnya.

Lebih lanjut, Zurriyah Musa menyampaikan, ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam integrasi pelayanan primer ini, diantaranya. Penerapan siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan, Kedua mendekatkan Pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan yaitu melalui deteksi dan screening penyakit, dan ketiga memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan perdesaan.

“Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat desa,” terang Zurriyah Musa