Tumbuhkan Minat Baca, Pengajar Muda Boalemo Gelar Kegiatan Literasi “Mobaca Buku”

Boalemo – Dalam upaya meningkatkan budaya membaca di kalangan pemuda dan pemudi di Kecamatan Tilamuta, pengajar muda Boalemo menggelar kegiatan literasi yang berlangsung di lapangan alun-alun. Minggu, (25/5/2024).

Diwawancarai usai kegiatan Uli Rahma Eperissza mengatakan, bahwa membaca dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan.

“Dari membaca banyak pengetahuan yang masuk ke dalam diri seseorang, dan itu menjadi jendela wawasan dunia” ucapnya.

Lebih lanjut, Uli Rahma Eperissza menyampaikan, bahwa kegiatan literasi kali ini diisi dengan berbagai games, agar para pembaca buku tidak merasa jenuh dan bosan.

“Pasti di pikiran seseorang membaca itu menjadi sesuatu yang berat, karena ada rasa jenuhnya, bosannya atau membaca buku itu identik kayak pelajaran-pelajaran saja. Sehingga kami mengubah stigma itu menjadi sesuatu yang berbeda, dimana membaca buku itu menyenangkan yang kami sebut dengan pelajaran edukatif. Jadi ada beberapa kegiatan selain membaca, seperti mewarnai dan pastinya buku yang kami sediakan bukan hanya pelajaran tapi ada juga berbagai macam buku seperti pengembangan diri, kemudian ada juga buku anak, dan ada novel” Terangnya.

Disisi lain, Uli Rahma Eperissza pula mengapresiasi adanya organisasi-organisasi dan komunitas literasi di Kabupaten Boalemo, karena bisa dimanfaatkan untuk berkolaboratif dalam kegiatan membaca.

“Antusias SDM Boalemo luar biasa, semangat mereka cukup tinggi, terbukti dengan antusias mereka hadir di kegiatan ini, kami pikir ini hanya kegiatan sederhana namun yang hadir cukup ramai dari berbagai latar belakang” lanjutnya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa program literasi ini akan terus berkelanjutan serta dilaksanakan di berbagai desa.

“Agar literasinya itu benar-benar merata, tidak hanya di Tilamuta, tapi di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Boalemo” Terangnya.