Virus Polio Berbahaya, Puskesmas Pangi Ajak Masyarakat Berikan Imunisasi Lengkap Kepada Anak

Boalemo, Eksekutif964 Dilihat

Boalemo – Dokter umum Puskesmas Pangi dr. Indah Hestasari mengajak masyarakat agar membawa anak yang berusia 0 hingga 7 tahun untuk melakukan vaksinasi polio sebagai imunisasi lengkap.

Polio sendiri merupakan virus yang menyerang anak-anak usia 0 hingga 7 tahun. Dampaknya tak main-main. Bisa menyerang susunan saraf pusat manusia, apabila yang diserang ada saraf motorik (alat gerak), manusia bisa lumpuh layuh tiba-tiba.

Bahkan kata dr. Indah virus polio sendiri tidak dapat disembuhkan namun bisa dicegah dengan imunisasi volio.

dr. Indah menerangkan bahwa, Virus polio penyebarannya lewat tinja, terlebih jika buang air besar sembarangan akan menyebabkan air di sekitar terkontaminasi oleh tinja yang mengandung virus tersebut lalu bisa terjadi penularan polio

Pemberian Vaksinasi Polio

Selain vaksinasi, dr. Indah mengajak agar masyarakat menjaga perilaku yang sehat, seperti rajin mencuci tangan pakai sabun  dengan benar. Selain itu, pihaknya juga mengimbau, masyarakat di lingkungan kerja Puskesmas Pangi, untuk segera melapor kepada petugas Kesehatan atau puskesmas terdekat, bila menemukan anak usia di bawah 0-7  tahun dengan gejala lumpuh layu mendadak.

Terakhir, dr. Indah juga meminta agar masyarakat tidak mempercaya isu tentang vaksin polio yang memiliki dampak besar terhadap anak.

Sehingganya, masyarakat diminta untuk mendatangi pelayanan kesehatan terdekat jika masih kurang paham terkait vaksinasi polio.