Sekda Minta Dinas Kesehatan Pro Aktif Sosialisasikan Pencegahan Penyakit Tidak Menular

GORUT, ShareNews.id – Sekda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin membuka kegiatan peningkatan pelayanan aktivitas terpadu penyakit tidak menular (PANDU PTM) dab gangguan indera fungsional, yang berlangsung di Cafe D’Qta Aja, Kota Gorontalo, Senin (2/11/2020).

Dalam sambutannya, Sekda Ridwan menyampaikan bahwa sehubungan dengan kegiatan tersebut, pihaknya mengharapkan agar setiap petugas kesehatan, terutama garda terdepan di tingkat puskesmas untuk lebih pro aktif lagi.

“Apalagi bicara kesehatan, nah saya membaca banyak referensi bahwa penyakit tidak nenular, seperti contohnya, darah tinggi itu lebih disebabkan oleh pola hidup dan perilaku. Berarti, menurut hemat saya, yang perlu dikontrol dan dikendalikan adalah perilaku dan pola hidup bersih. Sehingga ini menjadi perhatian kita bersama,” kata Ridwan.

Dirinya menyampaikan, dalam mengendalikan penyakit tidak menular, tentu membutuhkan peran dan dukungan masyarakat.

Dukungan dimaksud adalah dengan mengikuti dan menerapkan apa saja yang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan dan petugas kesehatan itu sendiri.

“Oleh karena itu, hal ini perlu diajarkan atau disosialisasikan lebih kepada masyarakat, dan termasuk kita semua di lingkungan pemerintah. Jadi, tidak mengobati saja, tetapi kita harus memberikan pemahaman agar bisa mencegah lebih dini. Sebab mencegah lebih baik dari mengobati,” tandasnya. (SN07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *