oleh

Menuju Swasti Saba Wiwerda, Ridwan Yasin: Gorut Punya Modal Baik

GORUT, ShareNews.id – Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) merupakan satu dari dua kabupaten di Provinsi Gorontalo yang telah mendaftarkan diri dan membentuk tim sebagai Kabupaten Sehat.

Hal ini diungkapkan Sekda Gorut, Ridwan Yasin usai menghadiri rapat bersama Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Gorut menuju tahapan Swasti Saba Wiwerda, yang bertempat di Aula Kantor Bappeda Gorut, Jumat (13/11/2020).

“Kami (Gorut) dan Bone Bolango telah mendaftarkan diri. Hari ini, tim verifikasi melihat sejauh mana kesiapan Kabupaten Gorut dalam menghadapi tahun 2021, Gorut menjadi Kabupaten Sehat di Indonesia,” kata Ridwan.

Panglima ASN itu mengatakan, sejauh ini Gorut telah memperoleh penghargaan tingkat dasar sebagai Kabupaten Sehat.  Pernghargaan itupun menjadi modal baik bagi kabupaten terbungsu di Provinsi Gorontalo ini untuk meraih Swasti Saba Wiwerda (Kabupaten/Kota Sehat).

“Penghargaan itu tentu tidak mudah untuk didapatkan. Alhamdulillah tadi dokumen-dokumen sudah diverifikasi, dan jika ada kekurangan kami siap melengkapi,” tandasnya.

Berkaitan dengan Kabupaten Sehat ini lanjut Ridwan, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan di lingkungan OPD. Seperti Dinas Kesehatan, Lingkungan Hidup dan sejumlah OPD terkait lainnya.

“Kami harap OPD bersinergi dan berkolaborasi dalam menyukseskannya,” ujarnya.

Di sisi anggaran, Pemda Gorut melalui tim anggaran pastinya akan memprioritaskan program Kabupaten Sehat ini.

“Ini jadi prioritas, sebab bicara kesehatan itu sangatlah mahal. Kebutuhan anggaran Kabupaten Sehat ini juga adalah kebutuhan dasar masyarakat, dimana ada 10 program yang di dalamnya, ada 6 yang wajib dan 4 pilihan (opsional-red). Saya kira semua itu menjadi kebutuhan masyarakat sehingga dorongan ataupun komitmen untuk menganggarkannya punya dasar yang kuat,” pungkas Ketua TAPD Gorut itu. (SN07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed