Tema Rakernas IV PDI Perjuangan Sejalan Dengan Arah Kebijakan Legislasi Daerah

Politik700 Dilihat

Politik – Rakernas IV PDI Perjuangan yang dilaksanakan pada tanggal 29 september sampai 1 oktober 2023 di JIExpo kemayoran, Jakarta yang dihadiri oleh 3 pilar partai dan juga sekitar 4 ribu orang petani dari berbagai daerah di Indonesia telah sukses digelar. Rakernas kali ini mengangkat tema “kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat indonesia” dan sub tema ” pangan sebagai lambang supremasi kepemimpinan indonesia bagi dunia”.

Hal ini tidak lepas dari kondisi cuaca ekstrem dunia saat ini maupun geo politik global seperti perang antara ukraina dan rusia yang berimbas pada ketersediaan pasokan bahan pangan dunia.

Ketua fraksi pdi perjuangan DPRD Kabupaten boalemo yang juga sebagai ketua bapemperda Harijanto Mamangkey ketika diwawancarai menyampaikan bahwa tema maupun sub tema rakernas ini telah sejalan dengan arah kebijakan legislasi yang ada di kabupaten boalemo.

Hal ini dapat dilihat pada dokumen program pembentukan peraturan daerah kabupaten boalemo tahun 2022 lewat surat keputusan dprd kabupaten boalemo No 23 Tahun 2021 dimana rancangan peraturan daerah tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan merupakan salah satu ranperda yang masuk dalam prioritas pembahasan pada tahun 2022.

Dibuktikan dengan telah diundangkannya perda kabupaten boalemo No 2 Tahun 2023 tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan pada tanggal 16 Januari 2023. Sehingga kedepan apa yang telah menjadi rekomendasi Rakernas IV PDI Perjuangan dengan mengangkat tema “kedaulatan pangan untuk kesejahteraan rakyat indonesia” akan lebih mudah dilaksanakan di kabupaten boalemo karena telah memiliki landasan hukumnya di daerah.

Lewat perlindungan lahan pertanian pangan ini juga menurut Harijanto, merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan dalam rangka meningkatkan kemakmuran petani dan masyarakat kabupaten boalemo pada umumnya.

Kedepan, tambah Harijanto, bapemperda dprd kabupaten boalemo akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan perda kabupaten boalemo No 2 Tahun 2023 ini dengan mengundang perangkat daerah terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *