oleh

Sekda Ridwan Buka Evaluasi Program GERMAS

GORUT, ShareNews.id – Sekda Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin mengatakan, ada 7 pilar yang perlu diperhatikan dalam menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal itu diuraikan Sekda Ridwan saat membuka kegiatan Evaluasi Program GERMAS Lintas Sektor berdasarkan Role Mapping Program Kegiatan di DPA, yang digelar di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Kamis (3/12/2020).

“Dalam rangka melaksanakan GERMAS, maka ada 7 pilar yang harus ditunaikan oleh masyarakat kita, termasuk ASN. ASN harus jadi pelopor dalam menyukseskan GERMAS ini. Apalagi kita selaku penyelenggara pemerintah,” kata Ridwan.

Ketujuh pilar tersebut urai Ridwan, yang pertama adalah Melakukan Aktivitas Fisik.

“Aktivitas Fisik, misalnya dengan melakukan minimal 30 menit aktivitas. Baik di kantor maupun di rumah, sebab kita ketahui bersama bahwa perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik, baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan – kemudahan dalam kehidupan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Bagian GERMAS aktivitas fisik merupakan salah satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang,” jelasnya.

Kedua adalah Budaya Konsumsi Buah dan Sayur.

“Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya konsumsi sayur dan buah yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan,” ujar Ridwan.

Selanjutnya, pilar ketiga hingga pilar terakhir, yakni Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan serta Menggunakan Jamban.

Sekda Millennial itu berharap, ketujuh pilar tersebut dapat diterapkan

“Saya harap ini bisa diterapkan. Jadi, tidak hanya kita (Pemda) yang melaksanakan program, akan tetapi lebih utama itu adalah masyarakat kita. Karena ketika masyarakat kita sehat, maka dapat dipastikan bahwa pemerintahnya juga akan berhasil,” tandasnya.

“Dalam tubuh yang sehat, terdapat pikiran yang sehat pula. Sehingga ini bisa menjadi penunjang program pemerintah, baik pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sambung Panglima ASN itu. (SN07)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed