Wabup Paparkan Langkah Strategis Pemda Gorut Maksimalkan BUMdes

Gorontalo Utara137 Dilihat

SHARENEWS.ID,Gorut- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).Thariq Modanggu mengatakan, pemerintah daerah gorut sampai dengan saat ini terus mendorong pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa. Hal ini sebagaimana disampaikan Wabup Thariq Modanggu usai mengikuti Webinar Nasional pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di ruang Tinepo,Kantor Bupati Gorut,Rabu, (7/7/2021).

Kegiatan yang di ikuti sebanyak 400 Peserta Zoom Meeting tersebut bertujuan untuk mewujudkan Desa Mandiri melalui kemitraan kampus yang dalam pelaksanaannya dikerjasamakan dengan pihak Perguruan Tinggi Universitas Bina taruna (Unbita).

Hadir sebagai salah satu pemateri, Wabup Thariq Modanggu menyampaikan langkah strategis dari Pemerintah Daerah Gorontalo Utara dalam meningkatkan dan mengembangkan Bumdes.

“Jadi secara umum berdasarkan dengan data yang ada, dari Rp. 103 M Dana Desa itu kurang lebih 15% yang di alokasikan untuk penyertaan modal usaha BUMDes. Dan dari kategori BUMDes di Gorontalo Utara ini, dari 123 desa, baru ada 13 desa BUMDes berkembang dan 1 BUMDes maju yaitu Kota Jin Utara. Dan selebihnya perintis dan pemula, ” Ungkap Thariq Modanggu.

Berdasarkan data tersebut Kata Wabup, Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan kapasitas dan juga profesionalitas pengelolaan BUMDes, sehingga nantinya BUMdes ini bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat desa.

“Ada beberapa point utama yang saya sampaikan dalam seminar kali ini, bahwa perlu ada BUMDes klinis. Jadi BUMDes klinis ini tujuannya untuk menakar, menguji, menilai, BUMDes-bumdes yang ada. Kemudian Dari 3 hal yang pertama, dari sisi sehat tidaknya BUMDes, produktif tidaknya dan sustainablelitasnya atau keberlangsungannya. Kemudian yang ke dua perlu peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pengelola melalui pendidikan dan pelatihan. Dan yang ketiga memperluas akses permodalan, baik dari sisi penyertaan modal dari dana desa,” Ujar Thariq.

Thariq juga menjelaskan , upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemda Gorut guna mendorong majunya BUMDes untuk memperoleh bantuan, sudah memperoleh bantuan dari pihak Kementerian Desa sebesar Rp 2.3 Milyar. Dan juga upaya-upaya membuka akses pasar dan promosi, serta monitoring evaluasi dan juga pemberian rewad dan punishment.

“Ini strategi yang dilakukan pemerintah daerah dalam upaya mendorong BUMDes di Gorontalo Utara,” tandasnya.(Adv/SN07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *