oleh

Dorong Peningkatan Literasi Masyarakat, Sekda Boalemo Gelar Pertemuan Bersama Dinas Perpustakaan

Boalemo – Dalam rangka meningkatkan penguatan literasi masyarakat. Sekretaris Daerah menggelar pertemuan bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Ketua DPW Kabupaten Boalemo bersama kru Pariwisata.  Pertemuan ini sekaligus membahas tentang pemindahan batang raja dari Dinas Pariwisata ke Dinas Perpustakaan untuk diarsipkan.

Sekretaris Daerah Sherman Moridu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Boalemo berkomitmen meningkatkan budaya literasi di seluruh kalangan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk mengoptimalkan kinerja kegiatan pemasyarakatan dan promosi pendayagunaan perpustakaan dan pentingnya kegemaran membaca bagi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan penting dan strategis,” terang Sherman.

Dirinya mengaku, ingin mewujudkan perpustakaan sebagai wahana belajar mandiri yang lebih baik dan nyaman. Agar minat baca masyarakat Boalemo semakin besar.

“Tugas perpustakaan yaitu membumikan budaya literasi melalui optimalisasi pengembangan inovasi akses masyarakat kepada pengetahuan harus menjadi kegiatan prioritas yang perlu ditegaskan untuk mewujudkan SDM indonesia yang berkualitas, berbudaya, dan kompetitif,” ungkapnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Boalemo menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah. Hal ini kata Dorci Pauweni, kedatangan Sherman Moridu untuk menumbuhkan semangat para ASN dalam menggenjot program.

“Semoga ini menambah motivasi kami lagi dalam meningkatkan minat baca ataupun literasi masyarakat” Ujarnya.

Selanjutnya, Kadis Dorci Pauweni menjelaskan untuk menindaklajuti hasil pertemuan bersama Sekretaris Daerah, terlebih dahulu dirinya akan memperbaiki pengelolaan bahan buku pustaka

“Tentu ada tahapan-tahapan yang kami akan lakukan untuk meningkatkan penguatan literasi masyarakat, terlebih dahulu kami akan memperbaiki dulu cara pengelolaan bahan pustaka” Jelasnya.

Selanjutnya Dorci mengaku di Tahun 2021, akan membuat reflikasi Desa sebagai transpormasi perpustakaan berbasis inklusi.

“Harapan kami, semoga ini mendapat reword dari pemerintah pusat” Singkatnya.

Sebelumnya juga, Dorci mengungkapkan pemerintah pusat memiliki program Pojok Baca Digital untuk mendukung peningkatan literasi di setiap Daerah.

“Pocadi ( pojok baca digital ) ini saya siapkan, nantinya akan dilaksanakn pada titik-titik tertentu, terutama ditempat keramaian, seperti di pasar modern. Bahkan sekarng ini kan dipersiapkan untk prodak-prodak khas Gorontalo yang menjadi pusat kuliner jadi sangat cocok jika POCADI akan menghiasi tempat tersebut” Tutup Kadis Dorci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed