oleh

Anas Jusuf: RHL Cegah Terjadinya Banjir dan Longsor

Boalemo – Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf menghadiri kegiatan sosialisasi rehabilitasi hutan dan lahan pola agroforestry Tahun 2021 tingkat Kabupaten Boalemo.

Kegiatan yang berlangsung di hotel Grand Amalia, Kamis (4/3/2021). Nampak ketua BPDAS dan Kepala Dinas LHK, Provinsi Gorontalo.

Plt. Bupati Anas menyampaikan, kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) dilaksanakan guna meningkatkan daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

“Ini salah satu upaya dalam mereduksi lahan dan hutan kritis di Indonesia yang sudah mencapai luasan 14,02 hektar, sedangkan di Boalemo sendiri ada 50,141 Ha, (27,5%) yang menyebar dalam kawasan hutan seluas 10,731 Ha dan luar kawasan hutan seluas 39,423 Ha” Sebutnya.

Selain itu, Plt. Boalemo juga menambahkan, sebagai Daerah, hulu DAS telah mengalami kerusakan ekosistem. Sehingga untuk mengatasi hal itu agar tidak terjadi di Daerah DAMAI Bertasbih, pentingnya melaksanakan kegiatan RHL.

“Pada prinsipnya kegiatan RHL ini dapat menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor” Ucapnya.

Sehingga Plt. Bupati mengajak, kepada seluruh para undangan untuk selalu menjaga lingkungan dan melakukan gerakan konservasi tanah, dan air melalui pembuatan embung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed